26 Des 2010

Idealisme? Pikir Lagi

Idealisme yang benar itu mahal!


Terlalu banyak mahasiswa yang mengaku memiliki idealisme dengan cara pikir yang berbeda dengan orang lain. parahnya lagi mahasiswa seperti ini merasa cara pikirnya adalah cara pikir yang paling benar, sehingga mereka merasa terlalu angkuh untuk mendengarkan pendapat orang lain. Teori-teori dengan menggunakan kata-kata yang  super duper tinggi yang membuat mereka terlihat sangat sempurna kecerdasannya. Berani bertaruh sangat sedikit orang-orang seperti ini yang rendah hati. bukan bermaksud untuk menuntut semua orang menjadi sempurna, hanya saja idealisme yang benar itu mahal. Parahnya, idealisme yang tercipta dalam diri mahasiswa sekarang ini belum tentu membawa mereka pada kebenaran. Entah mana yang benar tapi realita yang terlihat terlalu menohok dimana mahasiswa sekarang sangat pandai berteori, tapi entah bagaimana mengaplikasikannya. Idealisme sering dijadikan tameng bagi banyak orang untuk keras kepala, tetap kokoh pada pendiriannya yang (jujur saja,) belum benar. Patut diingat bahwa usia seorang mahasiswa adalah saat dimana mereka mencari pembenaran dari semua masalah yang ada di negeri ini. tapi ingat juga, kita punya agama, kita mahluk sosial yang (terimalah..) hidup diantara ratusan ribu warga negara lain yang berhak juga berpendapat dan hidup serta bernapas dengan udara yang sama. Memilih jalur yang berbeda tidak salah.. malah silakan saja.. jujur saja, terlalu banyak orang yang mengambil jalan yang 'normal'.. namun ingat agama, ingat orang tua, ingat juga apa dampak perbuatan kita. 






negeri kita sudah terlalu banyak memiliki raja bicara diatas podium-podium megah. yang negara ini butuhkan adalah orang yang tidak mendahulukan seruan provokatifnya namun bekerja bersama membangun negeri ini kembali. ada yang bilang "solusi lahir dari kritikan" lalu apakah kita harus selalu mengkritik tanpa memberi solusi? orang yang berani mengkritik justru adalah orang-orang yang harus juga berani membangun negara ini kembali. Bersama. 
jangan terlalu angkuh untuk merasa tak ada yang mengerti jalan pikiran anda, pikirkan kembali mungkinkah ada yang salah dengan jalan pikiran tersebut, semua ada aturannya kawan, selama anda masih mau hidup bersama kami, manusia, di dunia.  
bagaimana bisa semua ide hebat anda akan terwujud pada akhirnya jika anda tidak merasa dimengerti. tolong rendahkan sedikit hati anda. 
jangan pernah meremehkan kebersamaan, manusia tidak akan bisa hidup sendiri. hargai orang lain, maka orang lain akan menghargai kita.
Hidup Mahasiswa!!